Monday, May 26, 2014

Angin Duduk - Gejala dan Pencegahannya

Angin Duduk dan Gejalanya - Angin duduk bukanlah salah satu istilah dalam dunia kedokteran namun merupakan istilah yang digunakan oleh kebanyakan masyarakat awam yang menggambarkan masalah kesehatan, seperti masuk angin namun lebih parah karena diikuti dengan rasa mual, keringat dingin, perut kembung, serta ulu hati seperti ditusuk-tusuk. Sedangkan istilah dalam kedokteran, hal itu sering disebut dengan Sindroma Koroner Akut (AKA) yang mengarah ke penyakit jantung, yang bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

Gejala Angin Duduk

Seperti yang diutarakan oleh Dokter Femmy Nurul Akbar, SpPD bahwa kasus yang paling banyak terjadi adalah para pasien tidak cepat memeriksakan diri meski sudah mengalami gejala angin duduk. Jadi bila sewaktu-waktu muncul rasa nyeri di dada, sebaiknya hindari melakukan pekerjaan berat, dan langsung periksakan kondisi kesehatan anda pada ahli jantung atau dokter bagian Kardiovaskular.

Penyebab Angin duduk itu sendiri adalah terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung yang menyebabkan asupan oksigen dan nutrisi ke jantung tidak lancar, hal itu otomatis akan menyebabkan pasokan darah ke jantungpun tidak normal sehingga timbul gejala-gejala angin duduk seperti dijelaskan diatas.

Untuk tindakan angin duduk ini, Dokter Femmy menjelaskan bahwa menggunakan obat Antiplatelet yaitu Aspirin dapat menjadikan obat untuk pertolongan pertama untuk mengatasi rasa nyeri serta dapat melonggarkan pembuluh darah yang tersumbat. Namun setelah itu walaupun rasa nyeri perlahan menghilang, anda disarankan tetap memeriksakan kesehatan anda.


Angin Duduk - Gejala dan Pencegahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment